Senin, 02 Juli 2012

SENI RUPA

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. Seni rupa dibedakan ke dalam tiga kategori, yaitu seni rupa murni atau seni murni, kriya, dan desain. Seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan eksresi pribadi, sementara kriya dan desain lebih menitikberatkan fungsi dan kemudahan produksi. Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts.

Macam - Macam Seni Rupa 

Seni rupa murni


Patung Pieta oleh Michaelangelo

Desain

Kriya

Seni kriya merupakan satu cabang atau ranting seni yang sedang mengalami transformasi - baik bentuk maupun fungsinya sehingga sering menjadi percakapan atau diskusi panjang, berkenaan dengan status dan kedudukannya dalam pekembangan seni rupa di Indonesia (Soedarso Sp., 1990: 1 ). Inovasi dalam kriya sedang terus berjalan, hal ini terutama dilakukan oleh kriyawan-kriyawan muda atau calon-calon kriyawan yang punya gairah dalam menggali dan mengembangkan kriya yang memiliki potensi dalam banyak bidang garapan. Sebagai misal: kriya kayu, kriya keramik, dan kriya tekstil (dalam hal ini khususnya batik). Dari ketiga bidang tersebut mampu berkembang sekaligus dalam tiga arah yang masing-masing memiliki kepentingan berbeda. Tiga arah yang dimaksud ialah: 1) arah yang berorientasi pelestarian, 2) arah yang berorientasi pada pengembangan guna kepentingan ekonomi atau kepentingan komersial [`industri' kerajinan (-kriya)], 3) arah yang berorientasi pada kepentingan ekspresi pribadi (prestasi kesenimanan).
Istilah kriya relatif belum lama dipakai dalam bahasa Indonesia sehingga banyak menimbulkan pertanyaan dan kebingungan, tetapi sekaligus - ternyata menimbulkan kelatahan dalam menggunakan istilah itu. Hal ini dimungkinkan karena pengguna istilah kurang atau belum mengerti secara jelas mengenai maknanya. Istilah kriya ini sering diidentikkan dengan kerajinan, tetapi banyak pula yang mengatikan berbeda sesuai dengan sudut pandang masing-masing.


Kursi rotan sebagai hasil karya kriya.
Macam Seni Kriya sebagai berikut :


3 komentar:

  1. lengkapi karyanya...okey..sesuai tugas di blog..ya biar semakin tjantik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Pak, dilihat di Karya Seni Qu..Semua karya saya ada di label tersebut..tterimaksih pak..

      Hapus
  2. Siap pak..tapi karya yang laen hilang pak yang dikumpulin satu buku..

    BalasHapus